Ducati akhirnya menepati janjinya pada tahun 2019 untuk membawa konsep Desert X dalam produksi. Ducati DesertX 2022 masih memiliki desain yang mirip dengan 2 tahun lalu, tetapi memiliki banyak update.
Jakarta, Autos.id – Elemen kunci dari konsep yang diterima baik ini juga dipertanhan dalam model produksi reguler. Motor satu ini terinspirasi dari motor kuno Paris-Dakar yang ditenagai Ducati dan motor enduro tahun 1980-an. Hasilnya, DesertX memiliki warna merah, abu-abu, dan aksen hitam.
Salah satu desian yang menonjol adalah desain futuristik dari dua headlight bulat yang sebelumnya terlihat di Cagiva Elefant edisi tahun 1990 Paris-Dakar. Rodanya berukuran 21 inci di ban depan dan 18 inci di belakang. Keduanya dilapisi dengan ban Pirelli Scorpion Rally STR.
Terdapat perubahan besar di bagian spesifikasi. Sebelumnya dalam konsep, motor ini direncanakan memakai Scrambler 1100. Namun hasil akhirnya memakai mesin 2 silinder 937 cc yang bisa menghasilkan tenaga 110 hp di 9.250 rpm dan torsi 92 Nm di 6.500 rpm.
Mesin ini adalah evolusi dari mesin Testastretta yang memacu Ducati Multistrada V2. Tidak hanya itu, Ducati juga memendekkan lima suku cadang (?) pertama dari 6 transmisi yang ada untuk meningkatkan kemapuan off-roadnya. Sedangkan suku cadang (?) keenam yang lebih panjang disiapkan untuk perjalanan panjang di jalan terbuka.
Dalam motor ini, ada 2 mode berkendara yang bisa di coba. Pertama ada Enduro, mode yang mengurangi tenaga mesin dan bermain dengan bantuan berkendara elektronik. Mode ini membantu pengendara belum begitu banyak pengalaman merasakan serunya berkendara off road. Sedangkan mode Rally adalah kebalikannya. Dengan mengurangi intervensi elektronik, pengendara berpengalaman bisa lebih banyak bermain di jalanan.
Ducati memang terkenal dengan motor jalan raya dan track. Namun pengalamannya juga sudah cukup untuk menyelesaikan sistem suspensi yang off-road-ready. Ducati DesertX memiliki berat 223 kilogram, sudah termasuk oli dan bahan bakar 90%. Selain ringan, motor satu ini juga tinggi dengan ketinggian kursi 875 milimeter.
Handlebarnya terbuat dari bahan aluminium dan berbentuk lebar sehinga cocok di tangan. Posisi tangki bahan bakar dan mesinnya juga ditempatkan sedemikian rupa sehingga “ketika berdiri, pengendara bisa menemukan susunan ideal segitiga ergonomik yang sempurna untuk berkendara,” kata Ducati dikutip oleh Motorida. Tidak heran, bos Ducati Claudio Domenicali dan juara dunia enduro 5 kali Antoine Meo adalah bagian dari test team di Sardinia dan Afrika.
Ducati DesertX 2022 juga dilengkapi dengan berbagai fitur elektronik, termasuk multi-level cornering ABS, traction control, anti-wheelie, engine braking control, dan bi-directional quickshifter. Ada 4 mode kekuatan standar, antara lain Full, High, Medium, dan Low. Selain mode baru Ednuro dan Rally, mode berkendara standar juga ada (Sport, Touring, Urban, Wet).
Motor satu ini disiapkan Ducati untuk penjualan mulai Juni 2022. Bila Anda ingin memilikinya, siap-siap untuk merogoh kocek $16,795 atau sekitar Rp 241 juta lebih.