MMKSI Optimis Tingkatkan Pangsa Pasar Penjualan 2021
Jakarta, Autos.id – Angka penjualan industri mobil Indonesia pada tahun 2020 mengalami penurunan 44,59% akibat kondisi pandemik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), berhasil menjaga posisi pasar yang kuat baik pada segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan. Keberhasilan MMKSI menjaga posisi pasar di kedua segmen tersebut merupakan bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menggarap pasar kendaraan dan kesesuaian lini produk dan model kendaraan Mitsubishi Motors dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia.
Model Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen small-MPV.
Proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750.000 unit, dan MMKSI sendiri menargetkan penjualan selama tahun 2021 sebesar 90 ribu unit. “Dari 90 ribu unit ini kami menargetkan untuk penjualan passenger car sebesar 60 ribu unit dan 30 ribu unit untuk penjualan Light Commercial Vehicle (LCV),” imbuh Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI dalam press conference secara virtual hari ini (Selasa, 6/4).
Sementara itu, Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengucapkan mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah berkontribusi aktif dan mendukung aktivitas brand Mitsubishi Motors sepanjang tahun 2020. Hubungan dan sinergi yang terjalin baik antara MMKSI dan media Indonesia terwujud melalui berbagai pemberitaan positif menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan serta berusaha untuk mencapai target penjualan. “Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” tutupnya.
Adapun untuk penjualan selama tahun 20202, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54,768 unit (Jan 2020 – Dec 2020), yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV), terkoreksi 57,2% dari tahun sebelumnya, dikarenakan daya beli dan situasi pasar.
Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS) terkoreksi 47% dibandingkan tahun 2019. Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55.4%. Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen:
- Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1%di segmen small-MPV
- L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6%
- Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,6%
- Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,2%
Comments
comments